Di ZDF Magazin Royale, Jan Böhmermann menyelidiki

“Permainan ini gratis, seperti tembakan heroin pertama saya”

BerandaBudayaTV & Bioskop

Dibuat: 20-09/2022, 16:19

Oleh: Max Schaefer

Membelah

Di ZDF Magazin Royale, Jan Böhmermann menyelidiki Di ZDF Magazin Royale, Jan Böhmermann menyelidiki “trik manipulatif yang jahat” dari industri game. © ZDF

Di ZDF Magazin Royale, Jan Böhmermann mengabdikan dirinya untuk industri game bernilai miliaran dolar dan trik psiko manipulatifnya. Resensi televisi.

Permainan, yaitu semua jenis permainan komputer dan seluler, adalah bisnis yang berkembang pesat di Jerman. Untuk Jan Böhmermann dan timnya, itu adalah alasan yang cukup untuk mendedikasikan diri mereka pada subjek di ZDF Magazin Royale. Siapa pun yang telah lama terlibat dengan industri game tahu bahwa game komputer mengalami masa sulit dalam debat publik dan bahwa gamer dibebani dengan prasangka: Debat game pembunuh dan klise dari kentang sofa yang terisolasi secara sosial mengirimkan salam mereka. Bahkan penyiaran publik tidak selalu menutupi dirinya dalam kemuliaan.

Jadi ketika Jan Böhmermann berurusan dengan permainan komputer di ZDF, pemain akan duduk dan memperhatikan. Apalagi jika menyangkut bahaya dari permainan tersebut. Subjek episode ZDF Magazin Royale adalah trik jahat yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan keuntungan maksimal dari transaksi mikro dalam game.

ZDF Magazin Royale: Jan Böhmermann didedikasikan untuk pembelian dalam game di video game

Böhmermann mengidentifikasi transaksi mikro ini, juga dikenal sebagai pembelian dalam game, sebagai sumber pendapatan penting dalam industri game. Perusahaan memperoleh 4,2 miliar euro di Jerman saja pada tahun 2021 – lebih dari empat kali lipat dari penjualan game itu sendiri. Prinsip pembelian dalam game dan pentingnya mereka bagi pengembang bukanlah hal baru: Siapa pun yang pernah mengunduh permainan di ponsel mereka akan mendapati bahwa mereka sering kali gratis, tetapi semuanya dapat dibeli di dalam permainan itu sendiri.

ZDF Magazin RoyaleJan Böhmermann Pembelian Dalam Game – Mata uang salah, Dispo16 asli. September 202223 malam15. Sep 2023

Apa pun kecuali halus, Böhmermann menjelaskan logika di baliknya: “Permainan ini gratis, seperti tembakan heroin pertama saya.” Membandingkan game dengan heroin itu sulit, tetapi menjelaskan kepada semua orang ke mana arahnya: tentang masalah kecanduan .

Itulah mengapa semakin penting bahwa Petra Schmitz, editor di majalah industri Gamestar, mengklasifikasikan metode pengembang game: Pada awalnya ada “kelimpahan hadiah” yang akan digantikan oleh rintangan dari waktu ke waktu, jelas sang ahli. Gim-gim itu kemudian menawarkan perbaikan cepat – dalam bentuk pembelian dalam gim.

ZDF Magazin Jan Böhmermann: Perjudian dalam simulasi sepak bola

Setelah game ponsel, Böhmermann beralih ke seri game populer lainnya: seri FIFA. Ini dengan sendirinya merupakan ketidaksopanan; lagi pula, EA Sports terus merilis game yang sama dengan harga penuh. Majalah ZDF sama sekali bukan tentang itu, ini tentang mode permainan “FIFA Ultimate Team” (FUT). Gamer mengumpulkan tim sepak bola mereka sendiri dan dapat membeli paket, juga dikenal sebagai kotak jarahan, senilai hingga hampir 23 euro untuk mendapatkan kartu pemain baru.

EA Sports selalu merilis peta baru. Ini berarti gamer secara teoritis dapat membeli kotak jarahan baru dalam jumlah tak terbatas. Namun, peluang kartu pemain yang benar-benar bagus kecil – dan menurut perhitungan oleh perlindungan konsumen Norwegia yang dikutip oleh Böhmermann, itu benar-benar dapat menelan biaya rata-rata 13.500 euro untuk kartu dari superstar Prancis Kylian Mbappé.

ZDF Magazin: Böhmermann mengkritik diri sendiri, tetapi menggunakan klise yang sudah ketinggalan zaman

Selain dari aspek keuangan, kotak jarahan juga membuat ketagihan. ZDF Magazin mengutip sebuah artikel tentang studi “Gamble Aware” yang menurutnya pembelian kotak jarahan terkait dengan kecanduan judi. Namun, juga harus disebutkan pada titik ini, dan Böhmermann tidak melakukan itu, bahwa penelitian ini menetapkan korelasi, tetapi tidak ada hubungan sebab akibat.

Majalah ZDF Royale

“Pembelian dalam game – mata uang yang salah, dispo nyata”, pada hari Jumat, 16 September 2022, di ZDF – dan di perpustakaan media.

Jadi Böhmermann sebenarnya mewakili kemungkinan bahaya.Untuk beberapa pemain, ini mungkin sesuai dengan lukisan hitam video game yang terkenal. Posisi tersebut diwakili oleh Böhmermann sendiri, yang selain biasa berperan sebagai moderator, juga tampil sebagai karikatur seorang gamer dan streamer serta memberikan argumen tandingan. Namun, karakter ini sangat dilebih-lebihkan dan pada akhirnya hanyalah reproduksi klise seorang gamer.

Di ZDF Magazin, Böhmermann menunjukkan bahwa raksasa game EA tidak menyadari masalah ini

Bagian dari industri game sendiri membuktikan bahwa suara-suara kritis ini, terutama dalam posisi yang begitu menonjol di ZDF, mutlak harus didengar. EA Sports, misalnya, tampaknya tidak memiliki kesadaran akan bahaya yang ditimbulkan oleh strategi memaksimalkan keuntungan mereka. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh Karry Hopkins, wakil presiden urusan hukum EA, dari 2019: “Kami berpikir bahwa cara kami menerapkan mekanisme semacam ini […]sebenarnya cukup etis dan menyenangkan.”

Banyak pengembang game juga semakin menerapkan elemen perjudian dalam video game di tempat yang tidak seharusnya, kata Jan Böhmermann. Pada akhirnya, ini membawanya ke kesimpulan yang sangat pesimistis secara budaya: “Transaksi mikro telah mengubah permainan menjadi permainan peluang. Video game sebagai aset budaya telah menjadi mesin dayung yang tumpul.”

ZDF Magazin Royale: Pendekatan kritis tetapi berbeda untuk topik game

Pada akhirnya, pesimisme Böhmermann sebagian dibenarkan. Hal ini juga terlihat dari perangkat lunak hiburan self-control (USK), yang bertanggung jawab untuk menguji game dan mengklasifikasikan game berdasarkan usia mereka. Namun, game dengan elemen perjudian seperti di FIFA atau dengan pembelian dalam game sering kali tidak memiliki batasan. Sebaliknya, USK hanya ingin melawan ini dengan informasi tambahan.

Namun, pada akhirnya, tidak boleh dilupakan bahwa hanya sebagian dari industri game yang bergantung pada transaksi mikro. Böhmermann sendiri tidak menunjukkan hal ini. Moderator menyerahkannya kepada pemain veteran Erik Range, yang lebih dikenal sebagai Gronkh. Bagaimanapun, masalah ZDF Magazin adalah bukti bahwa format layanan publik juga dapat menangani topik game.

Dalam episode sebelumnya, Böhmermann hampir tidak bersinar di ZDF Magazin, tetapi dia mencapai realisasi penting. (Max Schaefer)

Author: Bradley King